Kamis, 30 Maret 2017

thumbnail

Islam Belum Ada Sebelum Adanya Nabi Muhammad??


PERTANYAAN:
Katanya islam belum ada sebelum nabi muhammad yang membawanya, menyebarkannya, yang ada tauhid.
Mohon penjelasannya Ustadz.

Darma putra (DP-004)



JAWABAN:

Alhamdulillah wassolatu wassalamu ala rosulillah amma ba’du.

Islam dengan syariatnya yang seperti sekarang kita kenal memang belum ada kecuali setelah diutusnya Nabi Muhammad sholallohu’alaihi wasallam. Sebab syariat para nabi  memang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Alloh subhanahu wata’ala berfirman,

لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا

Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan syariat (aturan) dan jalan yang terang.” (Qs. al-Maidah: 48)

Al Jazairi mengatakan bahwa setiap umat memiliki syariat khusus. Umat dari zaman Musa ‘alaihissalam sampai diutusnya nabi Isa memiliki syarit khusus di dalam Taurot. Umat dari zaman nabi Isa sampai diutusnya nabi Muhammad sholallohu’alaihi wasallam memiliki syariat khusus di dalam Injil, dan umat ini pun memiliki syariat khusus di dalam Alquran.

Akan tetapi akidah dari semua umat para nabi ini sama tidak pernah berubah. Keyakinan bahwa Alloh subhanahu wata’ala itu satu, adanya surga dan neraka, adanya hari kiamat dan masalah akidah lainnya tetap sama antara satu nabi dengan nabi yang lain.

Secara umum akidah dan syariah dari Alloh subhanahu wata’ala bisa dikatakan sebagai agama Islam, sehingga ada Islam yang bermakna umum yaitu agama seluruh para nabi dan ada juga islam yang bermakna khusus dengan syariat khusus yaitu Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad sholallahu’alaihi wasallam.

Setelah diutusnya nabi Muhammad sholallohu’alaihi wasallam, maka semua kitab suci terdahulu dinyatakan batal atau dinasakh, dan tidak berlaku lagi. Yang berlaku hanya Alquran sebagai kitab suci umat Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad sholallahu’alahi wasallam.

Wallahu’alam…

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

About

Silahkan disebarluaskan untuk meraih pahala dakwah. Diberdayakan oleh Blogger.
Powered By Blogger

Cari Blog Ini

Instagram posts

Tentang Blog ini

Entri Populer